Perbandingan Beberapa Sistem Operasi Komputer dan Mobile

Sistem Operasi Windows


Windows 3.X 

Merupakan salah satu sebuah rangkaian sistem operasi yang dilkeluarkan oleh parusahaan Microsoft Corporation, yang biasa digunakan pada komputer pribadi. Seri pertamanya pada tahun 1992 adalah merupakan pengganti dari Windows  3.0, jenis ini dapat menjalankan banyak aplikasi secara multitasking. 



Windows 95

Terdapat banyak fitur-fitur rangkaian terbaru dibandingkan dari jenis Windows sebelumnya diantaranya adalah adanya menu “Start”, menu sebagai pengganti file manager seperti “Windows Explorer”, dukungan untuk beberapa aplikasi dan berkas-berkas / file yang panjang , serta menu untuk browsing ke internet seperti “Windows Internet Explorer”. 


Windows ME

Singkatan dari Windows Milenium Edition yang merupakan produk ketiga yang dikeluarkan oleh Microsoft. Produk ini merupakan turunan dari Windows 98 dan dikeluarkan pada tahun sesudah Windows 98.  Walaupun bagus tapi sayangnya kekurangan dari seri ini adalah keamanannya yang mudah diterobos oleh yang lain.


Windows XP

Merupakan versi Windows yang terupgrade yang dikeluarkan oleh Microsoft. Fitur-fitur yang diberikan oleh Windows XP ini lebih bagus dibandingkan dengan Windows 98 atau yang lainnya, karena banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung seperti Adobe Potoshop, aplikasi dari mobile/telepon genggam serta aplikasi lainnya. Hasil gambar serta tampilan yang menarik membuat Windows XP ini banyak disukai oleh semua orang. Cara penggunaan yang mudah mampu memberikan nilai tersendiri untuk Windows XP ini. Selain itu ada beberapa kelebihan lainnya, antara lain aplikasi yang dijalankan pada sistem ini dapat pula dijalankan oloh komputer lain melalui internet, memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya dan tidak akan ada masalah antara software dan hardware. Namun ada juga kekurangan dari sistem operasi ini, selain harga lisensinya yang cukup mahal dan gampang terkena virus, juga tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.


Windows NT

Windows NT merupakan sebutan untuk Microsoft 2000 yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 2000.
Beberapa keunggulan dari sistem operasi ini antara lain memilki peningkatan kapasitas server untuk melayani secara lebih simultan koneksinya dan suda didesain agar kompatibel dengan sistem operasi terdahulunya seperti MS-DOS dan IBM OS/2.


Windows 2000

Sama seperti Windows NT, Windows 2000 Server ini dirilis pada tahun 2000. Windows versi ini merupakan Windows yang berbasiskan jaringan atau networking yang biasa dipakai untuk memanage komputer-komputer yang dihandel olehnya. Struktur yang digunakan oleh Microsoft Windows 2000 Server ini harus didukung oleh hardware-hardware yang mempunyai kinerja serta spesifikasi yang baik dan tinggi.


Windows Server 2003


Dalam Windows 2003 Server ini layanan- layanan yang tidak berguna untuk lingkungan server seperti “” Windows Audio” dan “Themes” akan otomatis dinonaktifkan karena alasan kestabilan, untuk dapat mengaktifkannya  kembali para user harus mengaktifkannya secara manual. 


Windows Server 2008


Windows 2008 Server adalah versi terbaru dari Windows Server yang telah diliris pada tahun 2008. Windows Vista adalah salah satu contoh yang diperkenalkan oleh Windows 2008 Server yang memiliki keunggulan teknologi dan keamanan dibandingkan jenis Windows sebelimnya.

Kesimpulannya,
Masing-masing dari setiap Sistem Operasi diatas memiliki kaunggulan maupun kekurangannya tersendiri, tapi dari waktu ke waktu upaya penyempurnaannya terus kian dikembangkan.
Perbedaan paling mendasarnya bisa dilihat dari tahun perilisannya serta perkembangan grafisnya yang semakin ditingkatkan.
Windows NT adalah pelopor dari Windows Server versi-versi berikutnya, seperti Windows 2000, Windows Server 2003 dan Wendows 2008.
Hanya dari tahun ke tahun  penambahan vitur-vitur dari versi ke versi terus berkembang dan semakin canggih.


Sistem Operasi PC

Sun

Sun Operating System dibuat oleh Sun Microsistem Inc, Sun Microsystems Inc. adalah salah satu produsen perangkat lunak yang akhirnya dibeli oleh Oracle Corporation pada tahun 2010.


Linux

Merupakan sebuah system operasi yang merupakan pengembangan dari perangkat lunak bebas dan terbuka. pada dasarnya Linux sama dengan sistem operasi lainnya, yang bisa digunakan dan didistrubusikan kimbali secara bebas oleh siapapun, namun Linux tak seperti windows pada umumnya yang menggunakan GUI yang berarti sistem operasi inii mampu melakukan perintah berupa text dan gambar atau simbol.


Mac OS
Singkatan dari Macintos Operating System Yang merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh dan Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Mac OS memiliki source code GUI interface yang anda bisa lihat didalamnya, sehingga Sistem operasi ini cocok untuk orang-orang yang memang belum mengerti komputer. Apple telah me-releasenya dengan nama kode Darwin.


Free BSD

Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi bertipe Unix bebas. FreeBSD merupakan sistem operasi mirip Unix yang (berlisensi) bebas sehingga banyak perusahaan dunia yang memakainya. Salah satu seri yang banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan dunia yaitu FreeBSD 6.0 merupakan seri Free BSD yang memiliki keamanan serta dikenal dengan stabilitas dan performanya.

Kesimpulannya,
Sun merupakan salah satu perusahaan produsen perangkat lunak  untuk komputer, sadangkan Linux, Mac OS dan Free BSD adalah jenis sistem operasi yang diterapkan pada perangkat lunak komputer.


Sistem Operasi Mobile

Windows mobile

Merupakan sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk para penggunanya yang ada pada mobile/handphone, yang bisa digunakan seperti pada komputer umumnya pada telepon genggam.


Symbian OS
System operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian OS ini mirip seperti desktop yang  mampu melakukan operasi secara “multithreading”, “multitasking”, untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi dan pengamanan untuk memori anda. Symbian OS tidak bersifat Open Source, namun dipublikasi untuk umum, namun tidak untuk kode sourcenya sendiri.


Blackberry


Salah satu jenis sistem operasi mobile yang memiliki kemampuan menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dan internet sangat baik dibandingkan sistem operasi mobile lainnya. Berbagai fitur yang disediakan olehnya seperti push email, telepon, sms, browsing serta yang lainnya mampu membuat Blackberry banyak disukai. Melaui push email, email yang akan masuk pada ponsel ini pun akan secara otomatis ada, dan akan discan melaui antivirusnya. Jadi, ponsel ini memiliki keamanan yang bagus dibanding yang lain


Iphone

Iphone merupakan telepon genggam yang memiliki beberapa fungsi seperti kamera, SMS, voice mail, serta pemutar nultimedia yang diproduksi oleh perusahaan Apple Inc .telepon genggam ini juga terhubung kejaringan internet untuk melakukan berbagai aktifitas seperti, mengirim email, browsing,dan lain sebagainya. Cara menggunakan Iphone ada yang layar sentuh ( touch ), serta memakai pinsil atau PDA.


Android OS

Adalah salah satu jenis system operasi untuk mobile/telepon seluler yang berbasis pada linux. Dia menyediakan platform terbuka, agar bisa dikembangkan oleh para pengembang untuk menciptakan aplikasi-aplikasinya sendiri yang bisa digunakan oleh piranti bergerak. Contohnya itu, seperti Google inc yang membeli dari Android inc yang kemudian dibuat untuk perangkat lunak ponsel. Lisensi Apache adalah sebuah lisensi terbuka dan standar yang merupakan milik google yang telah dirilis menggunakan kode- kode apache.

Kesimpulannya,
Kempat nama diatas pada dasarnya sama yaitu jenis sistem operasi mobile, namun keempat jenis itu memiliki keunggulan dalam spesifikasinya masing-masing, contohnya pada Blackberry yang unggul dalam sistem teknologi internetnya.

December 20, 2010 by Ahmad Fauzi
Categories: | 1 comment

One Comment

  1. I am using AVG protection for a couple of years, and I'd recommend this antivirus to all of you.

Leave a Reply

biasakan meninggalkan komentar setelah membaca