Macam macam Search Engine

Ada banyak sekali jenis situs pencarian atau search engine baik yang lokal maupun luar negeri, berikut beberapa situs search engine dan sedikit keterangan yang saya ketahui dari masing masing situs tersebut hasil dari analisis (baca : cuma liat liat) yang saya lakukan pada beberapa hari terakhir :

Pitoong.com 
Situs buatan anak bangsa ini tampilan antar mukanya  menyerupai google.com, selain itu situs ini juga memiliki Translator, fitur yang sama seperti google translet.

Tak heran jika situs ini disebut sebut sebagai search engine nomor satu di indonesia saat ini, karena dibanding search engine lokal lainnya situs ini masih lebih unggul.


Indonesiasearchengine.com
Dari nama situsnya saja sudah dapat diketahui buatan Indonesia. Pada halaman utama situs ini terdapat beberapa kategori seperti Mahasiswa, Mudik dan nama nama kota di Indonesia. Selain itu situs ini juga menyediakan jasa periklanan.
Disitus ini kita bisa mensubmitkan alamat blog atau web kita untuk mengejar traffic, caranya klik "Add a Site" lalu tinggal masukkan URL blog kita.


Dagosearch.com
Masih dari Indonesia, Dagosearch ini memiliki Dago Mail dan Translator namun database yang digunakan masih sangat terbatas karena banyak keyword yang saya masukkan kebanyakan tidak ditemukan.



Siapa yang tidak kenal Google, search engine raksasa nomor satu didunia ini adalah situs pertama yang paling banyak diakses orang diseluruh dunia.

Apa yang kita ingin cari semua ada didalamnya, keberadaan situs ini sangat membantu terutama saya sendiri sebagai mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah dan mencari referefnsi materi materi kuliah. :D


Layanan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari Google, hanya saja mungkin databasenya tidak sebesar Google karena ketika saya menuliskan keyword URL blog ini hasilnya tidak ditemukan.T_T

Fitur yang disediakan pun cukup lengkap dan bervariatif, mulai dari video, shooping, news, finance dan lain lain.


Search engine ini diciptakan dibawah naungan Microsoft. Gambar backgroundnya bisa berubah ubah jika kita klik tanda ">" atau "<" yang ada disebelah kanan bawah.

Cukup banyak fitur fitur didalamnya dan mampu bersaing dengan search engine lain yang dimaksudkan untuk menggeser google sebagai situs search engine nomor satu.


Pertama membuka situs ini saya dibuat heran karena favicon dan nama situs pada menu barnya adalah Yahoo!, ternyata setalah "gugling gugling" situs ini telah dibeli oleh Yahoo!.

Lagi lagi blog saya (graphauzzi.blogspot.com) tidak ditemukan di search engine ini. Terlepas dari itu search engine ini mampu mencari berita yang teraktual dalam sistem pencariannya.


Dogpile termasuk dalam kategori situs Metasearch engine, artinya dia menyediakan fasilitas pencarian namun tidak memiliki database sendiri.

Situs ini memadukan tiga situs search engine besar yaitu google, yahoo! dan bing dalam sistem pencariannya.

Selain tampilan gambarnya yang menarik situs ini juga bisa sebagai pilihan alternatif sebagai search engine favorit anda karena di situs ini kita bisa melakukan pencarian dari tiga search engine besar sekaligus dalam satu search engine.

March 15, 2012 by Ahmad Fauzi
Categories: | 3 comments

Comments (3)

  1. seep,,, thanks gan :D

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

  2. kenapa ngak protected

Leave a Reply

biasakan meninggalkan komentar setelah membaca