Istilah istilah dalam dunia website

Banyak dari kita yang sering mendengar istilah istilah yang sudah tidak asing lagi didengar atau diucapkan dalam dunia web, namun tak sedikit pula yang tidak tahu definisi atau arti dari istilah tersebut. Untuk itu saya cantumkan definisi dari beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia websiting.

World Wide Web (WWW)
Biasa disebut juga web merupakan sebuah sistem interlinked (kumpulan link atau saluran yang saling terhubung), akses dokumen hypertext melalui internet.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
Merupakan aturan pengiriman informasi yang berupa hypertext (text pada komputer yang memungkinkan user saling mengirimkan informasi). HTTP adalah protokol atau aturan standar untuk mengakses dokumen HTML pada web.

Aplikasi Web
Merupakan halaman dinamis yang mengizinkan interaksi dengan user. Interaksi user dengan aplikasi web misalnya user mengklik sebuah tombol dan warna latar belakang berubah. Aplikasi web biasanya dibuat dengan menggunakan JavaScript, aplikasi Flash atau applet pada Java.

Web Client (Browser)
Disebut juga web browser merupakan suatu perangkat lunak yang dijalankan pada komputer pemakai (user) yang menampilkan dokumen atau informasi web yang diambil dari web server.

Web Server
Web server merupakan suatu perankat lunak yang dijalankan pada komputer server dan berfungsi agar dokumen web yang disimpan pada server dapat diakses oleh user.

Situs Web / Homepage
Web site adalah informasi di world wide web yang disimpan dalam file yang berbeda beda sebagai halaman web. Homepage merupakan halaman awal dari sebuah situs web.

Web Service
Merupakan suatu sistem yang menyediakan pelayanan yang dibutuhkan oleh klient. Klient dari web server tidak hanya berupa aplikasi web, tapi juga bisa sebuah aplikasi enterprise.

Semoga bermanfaat..

March 30, 2012 by Ahmad Fauzi
Categories: | Leave a comment

Leave a Reply

biasakan meninggalkan komentar setelah membaca