Memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai media berbisnis

Banyak cara untuk mempromosikan barang dagangan kita didunia maya, salah satunya melalui situs jejaring sosial. Berbicara tentang situs jejaring sosial pikiran kita langsung terbayang dua situs jejaring sosial raksasa yang paling banyak diakses oleh seluruh umat manusia, apalagi kalau bukan Facebook dan Twitter.

Kita bisa memanfaatkan fasilitas yang terdapat dalam kedua situs tersebut untuk membantu usaha kita dalam berbisnis didunia maya. Kedua situs tersebut tentunya memiliki fasilitas yang berbeda dalam hal yang berhubungan untuk menunjang tujuan berbisnis, tugas kita untuk menyesuaikan dan memaksimalkannya tentunya agar bisnis kita juga maksimal. :D

Dari hasil analisis dan gugling yang saya lakukan untuk kedua situs jejaring sosial tersebut, pola bisnis yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut :

Facebook
Cara yang paling sering saya lihat yaitu dengan kita mengunggah gambar produk yang akan kita jual, menulis keterangan dari produk tersebut dan mencantumkan nomor yang bisa dihubungi oleh calon pembeli nantinya lalu menandai (tag) beberapa nama orang sekaligus dari friendlist Facebook kita. Disini kita bisa memanfaatkan pilihan "Buat Album Foto" untuk membuat album untuk gambar gambar produk kita agar lebih memudahkan jika ingin melihat gambar lainnya.

Selain itu bisa juga dengan membuat grup yang berisi produk produk yang akan kita promosikan dan mengundang setiap orang dari friendlist kita.

Ada pula dengan mengirimkan link tertentu (yang tujuannya menuju ke produk kita) di pesan dinding atau pesan pribadi pada setiap orang dalam friendlist, cara ini mungkin yang paling melelahkan karena harus buka tutup profil orang lain yang akan dikirimi pesan. :D

Twitter
Sama seperti Facebook, di Twitter kita juga bisa mengupload gambar produk yang akan dipromosikan lalu menandai (tag) beberapa orang didalamnya atau bisa juga mengirim link link tetentu yang bertujuan memasarkan produk pada setiap followers kita, namun tidak tersedia fitur grup pada jejaring sosial ini.

Ada satu produsen jenis makanan ringan yang juga menggunakan Twitter sebagai media pemasarannya, menarikya produsen ini tidak secara langsung menawarkan atau menjajakan produk jualannya tapi hanya memberikan informasi pada setiap followers nya lokasi dimana agen dari sang produsen menjajakan daganganya didunia nyata.
Kreatif euy

Selain cara diatas kita juga bisa memanfaatkan program monitize yang terdapat pada Twitter, yaitu Sponsoredtweet, twtmob, ad.ly, be-a-magpie dan lain lainnya yang tentunya bisa membantu menambah penghasilan kita didunia maya.

March 8, 2012 by Ahmad Fauzi
Categories: | 4 comments

Comments (4)

  1. bagus artikelnya gan..
    http://candi-jiwa03.blogspot.com

  2. terimakasih sudah berkomentar gan,
    nitip lapak dimari bayar pajak dulu gan :D

  3. Thank you for the impressive post.

Leave a Reply

biasakan meninggalkan komentar setelah membaca